Calon Pengganti yang Akan Menduduki Kursi Pelatih Barcelona

By | May 16, 2019

Setelah Barcelona berhasil dikalahkan oleh Liverpool dalam sebuah kemenangan di Liga Champions, sederet nama pun dijadikan sebagai sasaran kritik. Nama Ernesto Valverde merupakan yang paling sering berdengung. Pelatih Barcelona ini dikritik gagal dalam melatih Barcelona. Valvedre tidak mampu menjaga mentalitas dan keseimbangan tim setelah Blaugrana menang dengan skor 3-0 atas Liverpool.

Pertandingan itu diselenggarakan di Camp Nou pada leg pertama semifinal Liga Champions. Pada leg kedua, Barcelona menjadi korban comeback sensasional dari pasukan Jurgen Klopp setelah sebelumnya dikalahkan dengan skor 0-4. Valvedre dianggap tidak mempersiapkan timnya untuk menghadapi perlawanan yang diberikan oleh The Reds di Anfield. Rumor pergantian pelatih Barcelona pun mulai terdengar dimana-mana.

Alih-alih gelar Spanyol diamankan, ternyata hal tersebut masih belum cukup bagi manajemen klub yang telah memprioritaskan untuk menjuarai Liga Champions sejak awal. Valvedre sendiri masih merasa tidak ingin angkat bicara mengenai isu pemecatan yang terjadi padanya, karena merasa Barcelona masih harus fokus pada final Copa del Rey melawan Valencia 25 Mei mendatang.

Laurent Blanc Kandidat Pengganti Ernesto Valvedre

Mantan manajer Paris Saint-German ini telah berhenti dari tugas manajerial sepakbola sejak selama dua tahun terakhir, yakni sejak ia dibebaskan olehnya. Blanc memiliki kemampuan kepemimpinan yang luar biasa selama bermain dengan Marseille, sehingga ia dijuluki dengan Le President. Pria yang berasal dari Perancis ini merupakan salah satu pemikir taktik paling baik dalam dunia persepak bolaan.

Dengan PSG, ia menunjukan rekor yang sama. Selama 3 tahun di Paris Saint-Germain, ia memenangkan liga domestic untuk setiap musimnya, di samping dua piala Liga Prancis, tiga Piala Super Prancis serta 3 trofi Liga Prancis.  Blanc dipecat oleh PSG setelah klub mendapat kegagalan untuk mencapai tahap yang relevan dari Liga Champions.

Namun bagi Barcelona, pelatih Prancis ini dapat mewujudkan mimpi-mimpinya kembali hingga memenangkan dan mengingat skill terbaik dari skuat Barcelona. Blanc akan menjadi sosok pelatih yang sempurna jika klub menginginkan sebuah taktik baru dalam bermain di lapangan dengan jarak waktu yang dekat. Dengan taktik permainan yang baru, tidak menutup kemungkinan jika klub bisa mencapai mimpi-mimpinya.

Giovanni van Bronckhorst Penghasil Gol Spektakuler

Para penggemar sepakbola pasti akan selalu ingat pada Giovanni van Bronckhorst karena gol spektakulernya pada semifinal Piala Dunia 2010 saat Belanda bertandang dengan Uruguay. Namun baru-baru ini, mantan pemain Timnas Belanda, Arsenal dan Barcelonan ini pun telah membuat sejarahnya dalam dunia manajerial sepak bola Eropa.

Setelah bekerja dengan Ronald Koeman sebagai asisten manajernya di Feyenoord, van Bronckhorst mengambil alih kursi pelatih tim utama Feyenerood pada 2015. Dia membawa Feyenoord untuk bisa meraih gelar Liga Belanda yang sangat mengejutkan pada tahun 2016-2017, setelah Ajax yang merupakan rival abadi mereka berhasil ditumbangkan.

Van Bronckhorst telah memberikan pengumumannya bahwa pada akhir musim ini ia akan pergi dari Feyenoord, berarti dia akan tersedia lagi dan Barca bisa mempekerjakannya pada musim depan dengan mudah. Barcelona telah memiliki pencapaian yang hebat dengan pelatihnya di masa lalu, yakni dengan Johan Cruyff dan Frank Rijkaard.

Selain dua nama diatas, Erik Ten Hang juga merupakan calon pengganti pelatih Barcelona yang ideal. Jika Erik Ten Hag bisa tembus ke semi final Liga Champions dengan skuad Ajax Amsterdam yang muda dan pengalaman yang minim, bayangkan saja hal apa yang bisa dilakukan dengan skuat Barcelona yang mapan. Bahkan meskipun Ajax gagal tembus semi final kompetisi, seluruh dunia sepakbola tetap kagum pada mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *