Sejarah Sepak Bola & Peraturan Sepak Bola

By | November 11, 2019

Sejarah Sepak Bola

QQmuliaa– Awal mula terciptanya permainan Sepak bola yang terkenal saat ini terjadi pada zaman 2 sebelum masehi, Sepak bola lahir di tanah China dengan pemerintahan dinasti han dimainkan dengan bola kulit yang dimasukan ke jaring kecil.

Tahun 1800++ , Sepak bola pertama kali diadakan di Inggris yang dimainkan oleh 11 orang setiap regunya, yang setiap pertandingan hanya dimainkan oleh 2 regu yang saling berlawanan.

Peraturan Sepak Bola

 

Mempunyai sejarah sangat panjang, Sepak bola juga mengikuti perubahan atau penyesuaian yang cukup signifikan ,perubahan besar yang terjadi dalam 10 tahun terakhir ini. Peraturan baru muncul menyesuaikan zaman. Tidak mau kalah dengan teknologi yang semakin berkembang, Sepak bola menjelma dengan canggih menerapkan teknologi pada setiap sisi.

Peraturan pertama yang diterapkan yaitu masalah lapangan. Lapangan sepak bola saat ini sudah ditentukan oleh Federasi tertinggi dalam sepak bola dunia atau yang biasa disebut (FIFA)

Panjang dan lebar sebagai berikut:

  • Panjang lapangan : 90 – 120 meter.
  • Lebar lapangan : 45 – 90 meter.

 

Jumlah pemain sepakbola yang wajib berada lapangan ada sebanyak  22 orang yang terdiri dari 2 tim yang masing-masing tim tersebut berjumlah 11 pemain. Posisi pemain juga punya peran sendiri. Yang dimulai dari Kiper yang  tugasnya adalah menjaga di  gawang supaya bola tidak masuk atau kebobolan bola dan satu-satunya pemain yang boleh memegang bola dengan tangan .Pemain bertahan yang boleh diturunkan ada sekitar 2-4 orang,tergantung dari rencana yang dibuat oleh pelatih masing-masing, yang berupaya untuk menahan atau mengunci pergerakan lawan di daerah bahaya,maupun membawa bola (dribble) untuk di operkan ke pemain tengah.

Pemain tengah yang boleh diturunkan ada sekitar 2- 5 orang, yang bertugas dalam merebut bola beserta mengatur alur bola dari bek ke penyerang atau sebaliknya agar permainan menjadi terhubung. Dan ada yang dinamakan Peyerang yang boleh diturunkan berjumlah 1-3,yang tugas utamanya yaitu mencetak gol ke gawang lawan.

Dalam satu tim terdapat kapten yang menjadi pemimpin dan koordinator di lapangan. Sebagai kapten biasanya menjadi yang pertama masuk lapangan diikut pemain lain.

Lama permainan sepak bola normalnya 2 x 45 menit dan 15 menit untuk istirahat diantara babak 1 dan babak 2. penambahan waktu sekitar 1-5 menit untuk mengganti waktu ketika ada yang cedera. Jika pertandingan sistem gugur maka pertandingan akan dilanjutkan dengan waktu extra time dimana kedua tim harus mencetak gol pada babak ini. Namun jika tak kunjung jua gol ada atau salah satu tim unggul maka dilanjutkan babak pinalti.

Pelanggaran dalam sebuah permainan itu wajar. Namun tingkat pelanggaran diukur dari keras atau tidaknya kala pelanggaran itu terjadi. Jika pelanggaran keras maka pemain akan dikenakan kartu kuning hingga kartu merah

Kartu kuning berarti peringatan keras untuk pemain yang berulang tidak sportif atau melanggar dengan sengaja. Jika seorang pemain mendapar 2 kartu kuning maka di haruskan keluar lapangan atau otomatis dapat kartu merah. nah untuk pemain yang mendapat kartu merah sudah tidak dapat diganti pemain lain sehingga jumlah pemain berkurang.

Dalam sebuah pertandingan, ada 3 wasit yang mengatur pertandingan. Satu wasit utama yang ada di tengah lapang sedangkan yang 2 lainnya sebagai hakim garis yang bertugas untuk memastikan bola itu keluar lapangan atau tidak. Tindakan Offside yang bisa di lakukan pemain juga karena ada aba- aba dari hakim garis. Hakim garis dibekali bendera kecil untuk menandakan sebuah pelanggaran, bola out atau offside.

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel – Artikel Kami,

Salam Hangat,agen judi bola terbaik,QQmuliaa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *